Jumat, 20 April 2012

KewiraUsahaan

Karakteristik Kewirausahaan 
Karakteristik Kewiraisahaan sebagai berikut: 
• Keinginan Untuk Berprestasi 
• Keingian untuk bertanggungjawab 
• Preferensi terhadap resiko – resiko menengah 
• Persepsi pada keingian berhasil 
• Rangsangan oleh umpan balik 
• Aktivitas Enerjik 
• Orientasi terhadap masa depan 
• Keterlampilan dalam pengorganisasian 
• Sikap terhadap uang 


 Penentuan Potensi Kewirausahaan 
Faktor – faktor yang dapat menentukan Potensi Kewirausahaan sebagai berikut : 
o Kemampuan Inovatif 
o Toleransi terhadap kemenduaan 
o Keinginan untuk berprestasi 
o Kemampuan perencanaan realistis 
o Kepemimpinan tolerasi kepada tujuan 
o Objekvitas o Tanggung jawab 
 o Kemampuan beradaptasi 
o Kemampuan sebagai pengorganisir dan administrator 


Pengembangan N ACH 
Penjelasan mengenai Perkembangan NACH Sebagai berikut : 
1. Tahap Pertama dalam pelatihan membantu menyadarkan orang – orang pada potensi mereka untuk mendapatkan karakteristik kewirausahaan . Mereka diminta untuk menulis rencana – rencana tertentu bagi perunahan pribadi untuk dua tahun yang akan datang. 
2. Tahap kedua dipusatkan untuk pengembangan diri apa yang diistilahkan sindrom prestasi. Individu – individu diajurkan untuk berpikir, berbicara, bertindak dan menyadari orang lain sebagai pribadi dengan n Ach tinggi. 
3. Tahap ketiga berhubungan dengan dukungan kognitif. Tujuannya untuk membantu orang – orang menghubungkan cara berfikir baru dengan asumsi mereka sebelumnya dan cara melihat dunia. 


Perkembangan Disiplin Ilmu Kewirausahaan
Perkembangan kewirausahaan mulai dikenal pada abad 18. Dalam sebuah buku mengenaikewirausahaan menjelaskan bahwa wirausahaha adalah seseorang yang menanggungresiko. Pada awalnya istilah wirausaha merupakan sebutan bagi para pedagang yangmembeli barang di daerah- daerah yang kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti.


Meskipun banyak yang mengartikan konteks wirausaha namun ada seseorang yangmengartikan wirausaha itu tidak selalu berarti perdagangan atau manajer tetapi jugaseseorang yang unik yang memiliki keberanian dalam mengambil resiko danmemperkenalkan poduk-produk inovatif serta teknologi baru dalam perekonomian.Menurut dia hanya sedikit pengusaha yang dapat melihat ke depan dan inovatif yang dapat merasakan potensi penemuan baru dan memanfaatkanya. Setelah inovasi tersebutberhasil di perkenalkan oleh wirausaha maka pengusaha lain mengikutinya sehinggaproduk dan teknologi baru tersebut tersebar dalam kehidupan ekonomi.


Kewirausahaan adalah proses dinamis untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasaserta kemakmuran yang menciptalan individu wirausaha yang memiliki keberanianmenanggung resiko, menghabiskan waktu serta menyediakan berbagai produk barang danjasa yang dihasilkan wirausaha yang memilki nilai baru dan berguna.


Seperti yang di kemukakan Peter F. Drucker bahwa wirausahaan adalah prosespenciptaan sesauatu yang berbeda untuk menghasilkan nilai dengan mencurahkan waktudan usaha di ikuti penggunaan uang, fisik, resiko dan kemudian menghasilkan balas jasaberupa uang serta kepuasaan dan kebebasan pribadi.


Dan dari Thomas W. Zimmer mengungkapkan bahwa kewirausahaan merupakan prosespenerapan kreatifitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan mencari peluang yang di hadapi setiap orang dalam setiap hari. Sehingga dapat di simpulkan dari beberapa konsep bahwa kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda(kreatifitas dan inovasi) , mengorganisasi,mengangung resiko, berorientasi hasil, peluang, kepuasan pribadi, dan kebebasan. Olehkarena itu jiwa dan perilaku kewirausahaan tidak hanya di bidang perdagangan tetapi disegala bidang.


Objek Studi Kewirausahaan
Nilai dan kemampuan seseorang yang di wujudkan dalam bentuk perilaku yang manameliputi :
1. Kemampuan merumuskan tujuan hidup/usaha. Dengan memerlukan adanya prosesperenungan dan koreksi yang kemudian di baca dan di amati berulang-ulang sampaidi pahami apa yang menjadi kemauannya
2. Kemampuan memotivasi diri untuk melahirkan suatu tekad kemauan yang besar
3. Kemampuan berinisiatif untuk mengerjakan sesuatu yang baik tanpa di suruh/menunggu perintah orang yang di lakukan berulang-ulang sehingga menjadi terbiasa
4. Kemampuan berinovasi yang melahirkan kreativitas dan dibiasakan inovatif dalamdiri yang dapat dijadikan perangkat dalam menyajikan barang dan jasa bagikemakmuran masyarakat
5. Kemampuan membentuk modal materi, sosial dan intelektua.
6. Kemampuan mengatur waktu dan membiasakan diri untuk selalu tepat waktu dalamsegala tindakan melalui kebiasaaan dan tidak menunda pekerjaan.
7. Kemampuan mental yang di landasi agama.
8. Kemampuan membiasakan diri dalam mengambil hikmah dari pengalaman yang baik maupun meyakitkan.


Hakekat Kewirausahaan
Dari beberapa konsep yang ada ada 6 hakekat penting kewirausahaan sebagai berikut ( Suryana,2003 : 13), yaitu :
1. Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis (Acmad Sanusi, 1994).
2. Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) (Drucker, 1959).
3. Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (Zimmerer. 1996).
4. Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth) (Soeharto Prawiro, 1997).
5. Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru (creative), dan sesuatu yang berbeda (inovative) yang bermanfaat memberi nilai lebih.
6. Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melaui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Nilai tambah tersebut dapat diciptakan dengan cara mengembangkan teknologi baru, menemukan pengetahuan baru, menemukan cara baru untuk menghasilkan barang dan jasa yang baru yang lebih efisien, memperbaiki produk dan jasa yang sudah ada, dan menemukan cara baru untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.







http://www.scribd.com/doc/50245660/DISIPLIN-ILMU-KEWIRAUSAHAAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar